Rabu, 24 Mei 2017

BLOG DAN JENSI BLOG






 Pengertian Blog
-  Blog  merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web, yang biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
-  Blog merupakan sebuah media online yang memiliki peranan penting dalam membangun popularitas suatu brand, perkembangan suatu bisnis, bahkan pertumbuhan perusahaan atau instasi misalnya pada umumnya. Saat ini blog merupakan sebuah kebutuhan esensial bagi bisnis berskala kecil maupun besar

Jenis-Jenis Blog
Saat ini perkembangan blog tidak hanya terbatas pada tulisan saja, tetapi dalam beragam bentuk, karena seringkali tergantung dari cara penulis mengekspresikan cerita yang dibuat. Bentuk blog dapat bervariasi, tidak hanya pada tulisan, tetapi dapat juga berupa foto bahkan video.
1.  General Blog Bentuk blog seperti ini yang paling sering dijumpai di dunia maya, yaitu isi blog berupa tulisan, entah itu menceritakan kehidupan sehari - hari, opini pribadi tentang suatu topik, bahkan dijadikan sebagai wadah untuk mempublikasikan info dari suatu instasi tertentu misalnya pemerintahan, sekolah, organisasi, perusahaan dan sebaginya.
2.  Photo Blog Seringkali disebut juga blog foto, merupakan pengembangan dari General Blog. Jadi isi blog tidak melulu terbatas pada teks. Sudah banyak jasa penyediaan free photo blog yang dapat ditemukan di internet.
3. Audio Blog Audio blog lebih dikenal dengan nama podcast. Blog ini berisi suara, tetapi bukan hanya terbatas pada musik, melainkan termasuk berita ataupun sekedar curhat. Orang yang memiliki audio blog ini disebut podcaster. Karena bersifat audio, maka pemakainya harus kreatif dalam memasukkan file ke audionya.
4.  Mobile Blog Disebut mobile blog, karena blog tidak hanya dapat dibuat melalui pc, tetapi dapat juga dibuat melalui media ponsel atau PDA. Di Indonesia, mobile blog perlahan - lahan mulai merambah ke para pengguna blog, tetapi kekurangan mobile blog adalah keterbatasan hanya pada ponsel atau PDA jenis tertentu yang bisa digunakan untuk meng-upload data - data kedalam blog.
5.  Video Blog Dengan harga terjangkau, sudah dapat diperoleh handycam, kamera digital bahkan ponsel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas video. Sehingga memudahkan orang - orang untuk dapat membuat video sederhana, meskipun dengan durasi pemutaran yang singkat. Vlog singkatan dari video blog sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000, tetapi keberadaannya belum terlalu populer di Indonesia.

Blog mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Pembelajaran Matematika Kelas I - PPT

Download