Rabu, 24 Mei 2017

RPP - Kegemaranku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan             : SD
Nama Sekolah                    : MI AL ITTIFAQIAH
Kelas                                    : 1/1
Tema                                   : Kegemaranku
Subtema                              : Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke-               : 2
Alokasi Waktu                  : 1 Hari (5x35 menit)
        
A.      Kompetensi inti             
 KI 1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.1        Menggali informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
4.2.1        Melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.

Indikator:
3.5.4 Menyebutkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.4 Menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.


SBdP
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
Indikator:
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan
4.2.2 Memeragakan bunyi
C. Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
2.    Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3.    Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.
4.    Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
5.    Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6.    Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
7.    Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.

D.  Materi Pembelajaran
1. Gambar kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
2. Aturan yang berlaku ketika bermain dan berolahraga
3. Bunyi-bunyian alam dan buatan
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
  1. Metode pembelajaran: ceramah, diskusi dan Tanya jawab
  2.  Pendekatan pembelajaran: pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F. Media dan alat Pembelajaran
·       Kartu kosakata jenis-jenis permainan dan olahraga
·       Gambar jenis-jenis permainan dan olahraga
·       Gambar sikap yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
·       Gambar jenis-jenis sumber bunyi alam dan buatan.

E.       Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan






1.    Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar
2.    Seorang siswa memimpin doa.
3.    Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tepuk olahraga.
Tepuk olahraga (tepuk tangan 3x)
Badan gerak (tepuk tangan 3x)
Badan sehat (tepuk tangan 3x)
Hati senang, Hore!
Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
4.    Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.



2.
Kegiatan Inti
































1.    Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
2.      Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis permainan dan olahraga yang menyehatkan.
3.      Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
4.      Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Apakah kamu suka bermain?
·         Permainan apa yang kamu sukai?
·          Tahukah kamu permainan lain yang menyehatkan?
5.    Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan yang biasa dimainkan siswa sehari-hari.
6.    Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang jenis-jenis olahraga dan permainan.
7.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang makna kata-kata yang telah dibaca.
8.    Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
9.    Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak menyehatkan.
10.Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
11.Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Siapa yang bermain lompat tali?
·         Apa yang dilakukan Siti selesai bermain?
·         Apakah kamu suka bermain di luar rumah?
·         Apa yang kamu lakukan setelah bermain?
12.Siswa mengamati gambar dengan seksama.
13.Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar.
14.Siswa membuat gambar pada gambar anak yang mematuhi aturan.
15.Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan.
16.Siswa melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan.
17.Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar.
18.Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
19.Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
• Tahukah kamu bunyi peluit?
20.Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
21.Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar.
22.Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan.
23.Guru menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang sumber-sumber bunyi yang telah diidentifikasi dan ditirukan.
Bunyi angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan bunyi-bunyian alam. Sedangkan bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia, disebut pula bunyi buatan.
24.Siswa menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersama-sama.
25.Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
26.Guru mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.


3.
Penutup








1.    Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2.    Kelas ditutup dengan doa bersama.





F.       Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.    Penilaian Pengetahuan
·      Latihan soal mengidentifikasi teks gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
·      Latihan soal mengidentifikasi teks gambar tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah.
·      Latihan soal mengidentifikasi bunyi-bunyian alam dan bunyi-bunyian buatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Pembelajaran Matematika Kelas I - PPT

Download